Lingkungan, Satwa

Kerajaan Binatang di Bekas Reaktor Chernobyl – Ukraina

Bencana nuklir Chernobyl di Ukraina 30 tahun silam, menjadi sejarah kelam. Musibah reaktor nuklir Chernobyl terjadi pada 26 April 1986 di Kota Pripyat, Ukraina. Ledakan tersebut membuat Chernobyl dan pemukiman sekitarnya terpapar radiasi nuklir dan ditinggalkan manusia.

chernobyl-house

Setelah ditinggalkan manusia, saat ini Chernobyl menjadi kerajaan binatang liar yang hidup disana. Berikut beberapa foto hasil jepretan jurnalis Reuters, Vasily Fedosenko.

chernobyl-yellowhammer
Burung yellowhammer di atap rumah yang rusak. Chernobyl kini menjadi rumah bagi binatang hingga pohon dan rumput liar. Biar lah Chernobyl menjadi bagian dari masa lalu (Vasily Fedosenko/Reuters).
chernobyl-fox
Seekor rubah menjelajah sendirian. Pemerintah Ukraina berencana menjadikan Chernobyl sebagai cagar alam terbesar di Eropa (Vasily Fedosenko/Reuters).
chernobyl-wolf
Sejumlah binatang liar seperti serigala hingga rusa dan burung dapat dengan mudah ditemui di bekas rumah penduduk yang dibiarkan terbengkalai. Menyisakan potret di masa lalu (Vasily Fedosenko/Reuters).
chernobyl-sign
Radiasi nuklir yang terjadi akibat musibah Chernobyl memiliki dampak membahayakan bagi kesehatan manusia. Efek radiasinya pun diperkirakan baru akan hilang 24.000 tahun ke depan (Vasily Fedosenko/Reuters).
chernobyl-eagle
Seekor elang menerkam bangkai. Setelah ditinggalkan, kini Desa Dronki di Belarus yang tertapar radiasi menjadi kerajaan binatang liar (Vasily Fedosenko/Reuters).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *