Flora

Durian, Si Raja Buah

Durian, buah dengan segudang pesona yang ditawarkan, dari aromanya hingga rasanya. Buah yang masyhur dengan sebutan buah surga ini menduduki peringkat pertama di kerajaan buah-buahan. Bagi anda penggemar buah durian, tak sungkan-sungkan mengacungkan 4 jempolnya. Buah yang identik dengan duri ini, pada umumnya memiliki ukuran sebesar buah semangka atau buah melon, tapi pernahkah anda melihat yang berukuran sebesar buah rambutan?. Penasaran bukan?

Durian seukuran buah rambutan, sangat kecil bukan, untuk ukuran buah durian pada umumnya. Durian yang banyak dijumpai di daerah aliran Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai, Kalimantan timur ini merupakan durian yang langka. Tumbuhan yang senang tumbuh di lereng bukit hutan meranti yang banyak air, pada ketinggian 50-100 m dpl. Pohonnya bertajuk rindang, bercabang dan berdaun lebat.

Sebut saja dia durian burung (Durio lanceolatus), merupakan buah durian yang seukuran buah rambutan yang berbentuk bulat dengan duri yang tajam dan kaku. Warna buah durian ini berwarna merah pada saat dia masih muda dan menjadi coklat setelah tua. Daging buah durian ini juga berwarna merah dengan biji yang sebesar kedelai berbentuk bulat dan berwarna hitam. Berbeda dengan durian pada umumnya, durian mini ini susah di kupas saat sudah matang.

Selain Durio lanceolatus, terdapat yang sedikit lebih besar yaitu sebesar buah markisa. Dengan tinggi pohon mencapai 29m Durio acutifolius memiliki buah berbentuk lonjong dengan panjang 35 mm dengan duri yang tumpul dan lunak. Warna buah mudanya berwarna hijau, setelah tua berwarna hijau kekuning-kuningan. Daging buahnya berwarna merah, bijinya sebesar kacang tanah, berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buah masak pecah di atas pohon.

Buah durian ini aman untuk dimakan (edible), tapi tidak begitu banyak diminati karena daging buahnya yang tipis dan rasanya yang tawar dan tidak beraroma. Yang menyukai buah ini hanya burung dan kera.

Sumber: Trubus, majalah pertanian

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *